Tanjung (MTsN 4 Tabalong) – Hari ketiga pelaksanaan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) diramaikan dengan unjuk bakat peserta didik baru, Kamis (17/07/25) di Aula madrasah.
Unjuk bakat di depan seluruh peserta dan panitia Matsama diikuti oleh perwakilan kelompok yang berjumlah 24 kelompok dalam menampilkan bakat dan kemampuannya baik dibidang seni maupun olahraga.
Unjuk bakat yang ditampilkan peserta Matsama seperti Tilawah, Azan, Tartil, pidato, menyanyi, puisi, madihin dan Karate.
Ketua Panitia Matsama Lisa Aulia, S. Pd mengatakan, unjuk bakat siswa baru pada kegiatan Matsama untuk memberikan wadah bagi siswa baru menunjukkan potensi diri, mengembangkan minat dan bakat, serta melatih keberanian tampil di depan umum. “Kegiatan ini menjadi ajang bagi guru untuk mengidentifikasi bakat-bakat siswa baru yang nantinya akan dibimbing dan dikembangkan lebih lanjut”, jelasnya.
Lebih lanjut Lisa mengatakan, Matsama menjadi momentum awal bagi siswa baru untuk mengeksplorasi diri dan menemukan minat serta bakat yang mereka miliki. “Kegiatan ini menciptakan suasana yang lebih meriah dan menyenangkan dalam kegiatan Matsama, sehingga siswa baru merasa lebih betah dan bersemangat mengikuti rangkaian acara”, ujarnya.
Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala MTsN 4 Tabalong H. Abd. Rahim, S. Ag mengapresiasi kegiatan unjuk bakat di Matsama tersebut, selain sebagai hiburan, juga melatih siswa untuk berani tampil di depan umum, dan pendidik bisa melihat bakat-bakat siswa baru. “Harapan kedepannya tenaga pendidik bisa membantu membimbing siswa untuk mengasah bakat yang dimiliki siswa baru agar berkembang,” tuturnya.
Salah satu peserta Matsama, M. Radin Aksel yang menampilkan kemampuannya dalam mengumandangkan Azan mengaku sangat senang dengan kegiatan matsama, terutama saat kegiatan unjuk bakat. “Saya senang karena bisa menunjukkan kemampuan di hadapan teman-teman dan guru”, katanya.
Kegiatan unjuk bakat di hari ketiga Matsama berjalan dengan lancar dan diikuti dengan antusias oleh seluruh siswa baru dan panitia Matsama. (Rep/Ft:Dyah)