Loading...
CLOSE

Ukur Kemampuan Kognitif Siswa, MTsN 4 Tabalong Laksanakan TPA

 

MTsN 4 Tabalong – Guna mengukur kemampuan kognitif siswa dan evaluasi awal tahun Pelajaran, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Tabalong melaksanakan Tes Potensi Akademik (TPA) pada Rabu (20/8/25) di ruang kelas madrasah.

Tes Potensi Akademik diikuti seluruh siswa kelas VII dan IX yang berjumlah 639 siswa dan diawasi oleh seluruh guru Bimbingan Konseling (BK) dan dibantu oleh Wali Kelas serta guru mata Pelajaran.

Pelaksanaan TPA dilakukan secara online menggunakan android dan laptop yang dipersiapkan sendiri oleh siswa. Materi yang diberikan meliputi soal-soal mata pelajaran yaitu bidang IPA sebanyak 15 butir soal, Matematika 15 soal, IPS 15 soal dan Bahasa Inggris sebanyak 15 soal dengan bentuk soal pilihan ganda dengan durasi waktu 120 menit dari pukul 10.00 sampai 12.00 WITA.

Menurut guru BK MTsN 4 Tabalong Mardiah, S. Pd menjelaskan bahwa TPA adalah tes yang dirancang untuk mengukur kemampuan kognitif dan potensi akademik siswa, terutama dalam hal pemahaman, penalaran, dan kemampuan memecahkan masalah, yang mencakup aspek verbal, numerik, dan figural. “Tes ini menjadi instrumen penting bagi madrasah untuk mengetahui kemampuan dasar siswa, terutama dalam aspek logika, penalaran, serta kecakapan akademik,” ujarnya.

Lebih lanjut Mardiah menjelaskan TPA memberikan banyak manfaat bagi madrasah yaitu sebagai evaluasi awal tahun pelajaran., pemetaan potensi siswa. membantu menentukan kualitas siswa dan mengetahui bakat dan minat siswa. “Hasil TPA ini nantinya akan digunakan sebagai bahan evaluasi pembelajaran, pemetaan potensi siswa, dan dasar pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif. Dengan mengetahui potensi dan kebutuhan siswa secara lebih detail, madrasah dapat memberikan layanan pendidikan yang lebih baik dan relevan, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas,” jelasnya.

Ditambahkannya selain bermanfaat untuk madrasah TPA juga memberikan sejumlah keuntungan bagi siswa, terutama dalam persiapan studi lanjut dan pengembangan diri yaitu meliputi pemahaman potensi akademik, pemilihan jurusan yang tepat, peningkatan kemampuan berpikir, dan pengalaman dalam mengerjakan tes.

Sementara Pelakasana Tugas (Plt) Kepala MTsN 4 Tabalong H. Abd. Rahim, S. Ag mengapresiasi dan mendukung terhadap pelaksanaan TPA oleh tim guru BK kepada siswa. "Saya sangat mengapresiasi inisiatif guru BK dalam melaksanakan tes ini kepada siswa-siswi kita, tes ini sangat penting untuk membantu kita memahami potensi akademik masing-masing, sehingga kita dapat memberikan bimbingan yang lebih tepat dan terarah, hasil tes ini akan menjadi bekal berharga bagi siswa dalam memilih jurusan kuliah atau karir di masa depan, serta membantu kita semua untuk mengembangkan potensi siswa secara optimal, mari kita manfaatkan hasil tes ini dengan sebaik-baiknya, dan bersama-sama kita wujudkan siswa-siswi yang berprestasi dan berkarakter," ungkapnya.

Salah seorang siswa kelas IXE Zulfa Aulia mengaku senang bisa mengikuti TPA. “Soalnya lumayan menantang, tapi saya jadi tahu sejauh mana kemampuan saya, semoga hasilnya bisa memotivasi saya untuk belajar lebih giat lagi dan menentukan sekolah lanjutan yang akan saya ambil nanti,” katanya. (Rep:Dyah/Ft:Helda)