Tanjung (MIN 7 Tabalong) – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 7 Tabalong melaksanakan kegiatan Hari Integritas Madrasah dalam bentuk apel pagi rutin yang dilaksanakan pada Senin, (04/08/25). Kegiatan ini menjadi salah satu sarana dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, dan integritas kepada seluruh warga madrasah, khususnya para peserta didik.
Apel pagi yang diikuti oleh seluruh siswa dan dewan guru ini mengangkat tema “Kejujuran dan Tanggung Jawab dalam Melaksanakan Tugas”. Bertindak sebagai pembina apel adalah Koordinator Pendidikan MIN 7 Tabalong, Bapak Hadiyanor, S.Pd.I.
Dalam amanatnya, Hadiyanor menyampaikan pentingnya menumbuhkan sikap jujur sejak dini, terutama dalam menjalankan tugas sebagai siswa. “Kejujuran adalah dasar dari semua kebaikan. Anak-anak harus belajar berkata benar, bersikap adil, dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugasnya, baik di sekolah maupun di rumah,” ungkapnya.
Beliau juga menekankan bahwa tanggung jawab adalah bagian dari kedisiplinan dan kunci keberhasilan dalam belajar. “Jika kalian bisa bertanggung jawab atas tugas yang diberikan, maka kelak akan menjadi pribadi yang dipercaya dan sukses,” tambahnya.
Hari Integritas Madrasah menjadi momentum bagi seluruh elemen madrasah untuk terus menanamkan nilai karakter yang positif. Kegiatan ini juga sejalan dengan program penguatan pendidikan karakter (PPK) yang menjadi bagian penting dari pembelajaran di MIN 7 Tabalong.
Kepala Madrasah, Norhayani, S.Ag., M.M., menyampaikan bahwa pembiasaan apel pagi bertema integritas dilaksanakan dengan tema pembentukan karakter siswa. “Melalui kegiatan ini, kami berharap anak-anak terbiasa berlaku jujur, disiplin, dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.
Melalui peringatan Hari Integritas Madrasah ini, MIN 7 Tabalong terus berkomitmen untuk mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga kuat secara karakter. "Diharapkan dengan kegiatan ini, nilai integritas tidak hanya menjadi slogan, tapi benar-benar tertanam dalam kehidupan siswa," tandasnya.
Selain apel, madrasah juga merancang beberapa kegiatan pendukung integritas lainnya, seperti nonton cerita inspiratif, membuat poster kejujuran, dan catatan pelanggaran harian dalam buku integritas kelas. Kegiatan tersebut bertujuan agar nilai-nilai moral tidak hanya diketahui, tetapi juga dipraktikkan oleh siswa.
(Ft/Rep: Fikri H)