Tanjung (MAN 1 Tabalong)- Komunitas Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM-BK) MAN 1 Tabalong mencatatkan prestasi membanggakan setelah berhasil meraih predikat "Sangat Baik” dengan nilai 95,5 atas pelaksanaan kegiatan selama satu semester penuh (6 bulan) di tahun 2024. Pengakuan ini diberikan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia, Selasa (04/06/25).
Kegiatan ini berlangsung di wilayah kerja Balai Diklat Keagamaan (BDK) Banjarmasin, melibatkan berbagai unsur pendidikan yang tergabung dalam komunitas IKM-BK MAN 1 Tabalong. Mereka terdiri atas Drs. H. Muhammad Rizali Hadi (Plt. Kepala Madrasah), Anderi, S.Si (Guru Model 1), Haris Fadillah, S.S.I (Guru Model 2), Rahmadiannor, S.Pd (Pengawas Madrasah), Ahmad Junaidi, S.Pd (Seksi Penmad), dan Dr. (C) Syahrani, M.M., C.H., C.EQ., C.AQ (Dosen).
Selama enam bulan pelaksanaan, komunitas ini aktif menjalankan berbagai kegiatan berbasis praktik baik pembelajaran, pelatihan, pendampingan guru model, serta monitoring dan evaluasi yang dilakukan secara berkala. Komitmen seluruh anggota tim menjadi fondasi utama keberhasilan program ini, yang mengedepankan kolaborasi dan penguatan kapasitas tenaga pendidik dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.
Rizali Hadi, menyampaikan apresiasi atas kinerja seluruh tim serta dukungan dari berbagai pihak. “Kami bersyukur atas pencapaian ini. Bagi kami, keberhasilan ini bukan semata-mata tentang nilai, tetapi tentang proses pembelajaran kolektif dalam membangun budaya belajar yang berpihak pada peserta didik. Kami akan terus melangkah maju untuk menciptakan lingkungan madrasah yang lebih adaptif dan inovatif,” ujarnya.
Predikat "Sangat Baik" yang diraih menjadi bukti bahwa pelaksanaan Kurikulum Merdeka berbasis komunitas dapat berjalan optimal jika didukung oleh perencanaan yang matang, pelibatan semua pemangku kepentingan, serta komitmen untuk terus belajar dan berinovasi. MAN 1 Tabalong siap berbagi pengalaman dan praktik baik ini kepada madrasah lainnya, sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan nasional.
Lebih dari sekadar pencapaian administratif, keberhasilan ini mencerminkan semangat kolaboratif yang kuat di antara guru, pengawas, dan pemangku kebijakan pendidikan di daerah. Dengan hasil ini, MAN 1 Tabalong menegaskan komitmennya sebagai madrasah yang terus tumbuh dan siap menjadi pionir dalam transformasi pendidikan di era Kurikulum Merdeka. (Rep/Ft: Aisyatur Ridha)