Loading...
CLOSE

Kamad Pinta Guru Teliti dan Cermat Saat Input Nilai Peserta Didik di RDM

 

Tanjung (MIN 4 Tabalong) – Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Tabalong H. Aliansyah, S.Pd.I meminta dewan guru untuk teliti dan hati-hati saat melakukan penginputan nilai peserta didik di aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM)  agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan peserta didik.

“Saya harap semua guru bisa mempelajari dan memahaminya terlebih dahulu penggunaan aplikasi RDM ini, saat penginputan nilai siswa agar teliti, tidak apa lah perlahan agar nilai yang diinput sesuai dengan nilai hasil perolehan anak baik nilai penilaian harian maupun penilaian PAT. Jika ada hal yang dirasa meragukan atau kendala silakan ditanyakan kepada guru lain atau proktor admin RDM madrasah” ujar Aliansyah di ruang kerjanya, Rabu (11/06/25).

Ditambahkan kamad sebagai guru harus teliti dan bijak dalam memberikan nilai kepada peserta didik karena aspek penilaian yang harus dinilai oleh guru beragam yaitu apsek pengetahuan dan sikap serta karakter anak. Oleh itu penting guru kembali melihat catatan-catatan selama satu semester sebagai bahan pertimbangan pemeberian nilai bagi siswa.

“Semua aspek yang ada harus dilihat dengan cermat dengan catatan-catatan selama pembelajaran semester yang lalu jadikan sebagai bahan pertimbangan pemberian nilai pada anak. Jadi bukan hanya nilai pengetahuan nya saja namun nilai karakter dan sikap anak itu yang harus lebih diperhatikan” tambahnya.

Kamad juga kembali meminta proktor RDM madrasah untuk selalu siap sedia membantu guru yang mengalami kesulitan dalam pengerjaan RDM. “Meskipun beberapa tahun lalu sudah menggunakan RDM kami harap proktor untuk terus memberikan bimbingan dan bantuan kepada guru agar pengerjaan RDM berjalan dengan lancar” ujar kamad.

Sementara itu proktor RDM MIN 4 Tabalong Khairul Fahmi mengatakan langkah-langkah dewan guru melakukan penginputan nilai sesuai dengan hasil sosialisasi yang telah diberikan sebelumnya.

“Dewan guru sebelumnya telah menerima penjelasan dan pelajaran tentang penggunaan aplikasi RDM ini jadi sekarang mereka mempraktikkan apa yang telah disampaikan. Jika ada kendala akan kita pecahkan bersama karena ini sebenarnya memerlukan kerja sama semua pihak di madrasah agar semua bisa selesai bersamaan” jelas Fahmi.

 

(Rep/Ft: Amiin)